6 Jam Bertarung Melawan Virus (XMAN.exe)

10 Nov

Ini cerita gue hari ini.. yang lebih tepatnya baru aja selesai sekedipan mata yang lalu (mata gue berair cuz waktu ngetik ga ngedip2, biar sekedipan mata itungannya lamaan dikit!)

 

Hari ini gue udah cukup hectic ngadepin jadwal ujian yang bertumpuk kayak sampah se-kelurahan bojong udik yang udah gak dibuang 12 taon (lebay dikit ah ;9). Satu urusan belom selesai, udah dateng urusan laen.. yang ada bikin ubun2 gue nyut2an serasa diemut ikan julung2. Meja kerja gue juga secara spektakulernya udah dipenuhi dengan kertas2 mahakarya murid2 yang gak capek2 buat nagih ke gue “Mister, mana nilaiku?!” seakan-akan gue pengen jawab : “Nak, bapak belum sempat ngecek karena masih harus ikut rapat perubahan iklim bareng beruang kutub dan pinguin ekor kuning di kutub selatan!”

 

Nak, kira2 beginilah meetingnya, percayalah...

Okey, singkat cerita begitu gue rasa kesibukan hari ini selesai, gue dikejutkan oleh seorang rekan guru yang mengabarkan bahwa gue positif hamil.. hehe gak dink! dia ngabarin kalo laptop yang biasa gue pake restarting sendiri! (jeng jeng jeng jeng *nada kaget lho ya, bukan nada senam*).  Gue panik, n langsung ambil posisi sok serius di depan layar, berusaha nyari apa genrangan yang terjadi!

 

Belakangan gue pun menyadari, laptop ini kena virus! (wakwakwakwawawaw!).  Semua folder di FD gue dengan cantiknya berubah jadi kodok aplikasi, dan folder aslinya tiba2 ngumpet entah kemana. Dengan kemampuan ingatan gue yang secanggih Toby Moedjiono Hommer Simpson ini, gue pun berusaha flashback ke beberapa tahun lalu, tepatnya waktu gue, dia, dan orang tuanya.. halah apa sih! pokoknya gue kena serangan dashyat virus Brontok yang bener2 bikin rontok!

 

Gue pun buka2 lagi buku manual kehidupan gue, dan googling sebisanya.. semua cara yang gue inget pernah berhasil, gue cobain! Mulai dari utakatik resgistry, ketaketik di dos, nyium2in mouse, garuk2 monitor, sampe nyodok2 belahan pat2 monyet nikaragua juga gue coba lakuin.. hehe, ga segitunya dink! Dan gue hampir frustasi karena nemuin jalan buntu, dan gak bisa balik (bukan karena ada kingkong berbulu jingga yang nutupin jalan gue lho!).

 

Sampai akhirnya setelah 6 jam berjuang, upaya googling gue pun membuahkan hasil.. Setelah gue gak berhasil nemuin virus dengan cara manual via winRAR, gue pun mencoba mengidentifikasi virus itu dengan procexp, dan voila.. berhasil berhasil berhasil, hore! (jingkrak2 ala dora the explodrer!)

 

Lewat procexp, gue bisa liat bahwa ada gerakan mencurigakan dari file bernama XMAN.exe. Dan waktu gue coba apus, ga bisa.. gue coba kill process ga bisa.. gue coba cium, dia malu2.. halah apa sih! Akhirnya gue memutuskan untuk kembali mengangkat antivirus yang lama pensiun, avira! dan ternyata mujarab (udah kaya obat panu dari mbah dukun!). Masalahnya, avira juga ga bisa secara sempurna ngapus tu virus. Belakangan gue nyadar, si avira bilang kalo itu bukan virus biasa, tapi ternyata adalah virus yang diboncengi oleh malware! (rupanya tuh virus tukang ojek juga!)

 

Akhirnya gue pun meminta bantuan sama Malwarebytes Anti Malware, n dia melaksanakan tugas dengan baik! Bareng2 avira, si mawarebytes pun dengan gantengnya membabat semua brotherhood of malwares yang ada di laptop itu! Trus ada satu masalah lagi sih.. Semua folder2 yang ngumpet ( hidden ) ga bisa gue tongolin ( unhidden ) lagi.. Tapi eits, untung ada Smadav 8.3 yang membantu keduanya! alhasil, semua folder2 tercinta gue pun kembali ke pelukan ibu pertiwi!

 

Dan, beruntungnya gue, si Malwarebytes ngasih info bahwa gue juga melihara banyak malware di laptop ini, salah satunya adalah malware yang ngeblok aliran darah fesbuk dan bikin gue dan anak2 garing gara2 ga bisa buka fesbuk! Tapi sekarang, we are back! Ahahhahah!

Thank you Avira, Thank you Malwarebytes, Thank you SMADAV, Thank you Procexp, Thank you winRAR, and SUPER THANK YOU XMAN.EXE !!!

One Response to “6 Jam Bertarung Melawan Virus (XMAN.exe)”

  1. Adi Kurnia Halim December 26, 2012 at 4:54 AM #

    Keren ceritanya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
 
%d bloggers like this: