KPK Manual!

17 Oct

Game ini cocok banget pas anak2 gak tau konsep KPK itu apaan? Jangan sampe mereka mikir KPK itu sebuah Komisi dalam rangka Pemberantasan Korupsi di Indonesia yang berkantor di Kuningan.. sayangnya gue lupa apa kepanjangannya.. hehe!

Kebanyakan anak2 cuma tau kalo KPK itu harus dikerjain dengan cara faktorisasi prima pake pohon faktor, trus diambil faktor yang sama semua tapi paling gede pangkatnya, dan juga faktor yang unik alias gak ada kembarannya! Tapi begitu ditanya KPK itu apa?! Mereka langsung belagak mikir keras sambil bilang hmmm.. (persis kayak anak ilang di mall gede yang ngadu ke bagian informasi terus ditanyain “Siapa nama sepupu kakekmu yang mau jemput?”)

So, di sini gue bikin game yang bikin anak2 ngerti bahwa KPK itu adalah Kelipatan Persekutuan terKecil! Jadi gini cara maen gamenya…

Bagi anak ke dalam group2 kecil yang isinya masing2 2 anak (kalo bisa yang satu pinter yang satu biasa.. boleh anak cewek or cowok, yang penting jangan anak kodok, bukan apa2, kekecilan! susah maennya!)

Terus bikin kompetisi kecil antar group itu, caranya.. Anak pertama di group A (selanjutnya gue sebut A1), bakal dikasih sebuah angka, yang sama dengan angka untuk anak pertama di Group lawannya, B. (B1). Sedangkan anak kedua di group A (A2), di kasih angka beda dengan mereka, tapi sama dengan anak kedua di group B (B2). Jadi secara ga langsung, mereka punya soal yang sama!

Misalnya A1 dapet angka 14, berarti B1 juga 14, n kalo A2 dapet angka 5, maka B2 juga 5. Saran gue kalo ngasih angka jangan gede-gede, kisaran 1-30 aja, ga usah sampe 1421, kecuali anak didik loe doktor yang disertasinya 25 tahun gagal mulu!

Dari situ, suruh semua anak2 itu nyari kelipatan angka2 itu.. tapi jangan pake kalkulator, apalagi kalkulator temennya! Nanti, kalo itungan mereka benar, masing2 anak dalam satu group bakal nemuin angka pertama yang sama di kelipatan angka yang dia dapet..

Nah, sewaktu mereka dapet kelipatan yang sama itu, mereka harus nulis angka itu gede2 sambil teriak, “Ini KPKnya!” Artinya mereka udah nemuin KPKnya, dan group mana yang dapet KPK duluan, dialah yang menang!

Contoh ni! Si Udin n Si Marni di grup A, n Si Dedot dan Si Toying di group B.. Si Udin n si Dedot dapet angka 14, sedangkan si Marni sama si Toying dapet angka 5. Begitu lomba game dimulai Si Udin nulis kelipatan 14 (14, 28, 42, 56, 70, dst), sedangkan si Marni nulis kelipatan 5 (5, 10, 15, 20, …, 60, 65, 70, dst)..

Nah, waktu mereka nulis 70, mereka harus teriak “Ini KPKnya! Tujuh Puluh!” n nulis angka itu gede2. Kalo mereka jadi yang pertama teriak, group merekalah yang menang! Happy Competing!

Tips: Lebih seru kalo maennya pake papan tulis, jangan pake papan penggilesan ato papan2 yang laennya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
 
%d bloggers like this: